Cloud storage or local storage?

Aplikasi Sales Force Indonesia berbasis internet dimana kita bisa melakukan akses dimana saja dan kapan saja secara real time. Begitu pula dengan mobile app Sales Force yang mengandalkan internet untuk koneksi data.

Tren teknologi semua menuju real time untuk dapat cepat mengambil keputusan. Koneksi jaringan internet yang semakin murah dan realible mendukung percepatan kemajuan teknologi.

Sering yang menjadi pertanyaan dengan teknologi cloud seperti ini, dimana kita akan menyimpan database aplikasi kita, apakah di cloud storage atau lokal storage server sendiri?

Plus minus dari keputusan ini adalah tergantung kebutuhan dan kemampuan dari client itu sendiri seperti pertimbangan berikut;

- Cloud storage kita tidak perlu terlalu dipusingkan dengan hal teknis dan investasi yang besar untuk membeli server, koneksi jaringan traffic bandwith, maintenance hardware dan OS, backup data, disaster recovery serta human resource yang capable untuk menjaga dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Banyak penyedia layanan ini dari harga yang fantastis sampai dengan harga ekonomis, sesuaikan dengan perkiraan kebutuhan. Kelemahannya adalah data tersebut tidak berada secara fisik di depan client dan bisa diakses oleh orang orang tertentu. Ini yang biasanya menjadi concern client soal kerahasiaan data.

- Local storage adalah kebalikan dari Cloud storage dimana data disimpan pada server sendiri yang dikehendaki akan tetapi membutuhkan investasi dan juga extra cost untuk jaringan, hardware, software serta human resource. Sering kali client mengambil keputusan untuk menggunakan local storage dikarena rasa aman akan data mereka.

Apapun keputusan Anda, pertimbangkan plus minus dan sesuaikan dengan kebutuhan. Sales Force Indonesia memberikan layanan apapun keputusan Anda.

Free Trial Sales Force Application

Download

We'd love if you have a chance to TRY OUR SALES FORCE AUTOMATION for demo and give us your feedback.